Fungsi POAC dalam Cafe Bukit Delight
Gak cuma surga kuliner tapi Malang itu juga pasar yang empuk buat pebisnis
di bidang ini. Maklum aja sih, kota pelajar, banyak kampus ternama. Makanya gak
heran, tiap ke Malang selalu ada aja tempat baru yang menarik untuk dikunjungi,
salah satunya yang lagi hits-hitsnya di kota Malang nih, Bukit Delight. Maka
dari itu owner sangat terinspirasi untuk mendirikan usaha kuliner Bukit Delight
dengan sasaran para remaja atau mahasiswa yang ada di kota Malang.
Dalam membangun
Bukit Delight ini maka pemilik memerlukan fungsi-fungsi manajemen yang harus
dijalankan agar usaha Bukit Delight ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,
diantara fungsi-fungsi tersebut yaitu :
1. 1. Strategi perencanaan / Planning : Perusahaan
Bukit Delight telah meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi
dengan membangun cafe atau tempat nongkrong ini dengan konsep outdoor. Hal yang
ditawarkan di Bukit Delight ini adalah suasana dengan melihat pemandangan alam
dan perpaduan antara kebun, pegunungan, perkampungan penduduk yang ada dibawah.
Bukit Delight menggunakan banyak hiasan lampu kecil-kecil yang menyala dan
menggantung untuk lebih memperindah suasana lingkungan yang ada. Bukit Delight
ini didirikan di atas bukit karena suasananya yang indah dan sejuk untuk
menarik para customer yang sasaran utamanya adalah para remaja atau mahasiswa
karena kota Malang adalah tempat berkumpulnya para mahasiswa yang menyukai keindahan
alam untuk nongkrong bersama.
2. 2. Strategi
Pengorganisasian / Organizing : Untuk mampu menjalankan bisnis ini maka
perusahaan cafe Bukit Delight menggunakan struktur pembagian kegiatan yang
tepat dan tangguh, sistem lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan
bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien
guna mencapai tujuan dengan baik. para karyawan ditempatkan pada unit-unit
terpisah per individu dan kemampuan masing-masing karyawan dalam menjalankan
tugasnya.
3. 3. Strategi Actuating
/ leading : Owner Bukit Delight telah memberikan pelatihan cara bekerja dengan
baik terhadap para pekerjanya agar lebih lincah dan berkualitas dalam
menjalankan tugasnya yang telah dibagi, agar image Bukit Delight terpandang
baik oleh para customer. Owner Bukit Delight juga mensupport terhadap para
pekerja atau karyawannya agar mereka tetap semangat dalam menjalankan tugas dan
memberi pelayanan terbaiknya terhadap customer.
4. 4. Strategi Pengendalian dan Pengawasan
/ Controlling : Dalam menjalankan bisnis cafe Bukit Delight ini, owner telah
mengawasi para pekerjanya atau karyawannya dalam menjalankan tugasnya yang
telah dibagi agar karyawan selalu aktif dalam bekerja. Dan apabila karyawan
berada pada bagian-bagian proses kinerja jalur yang salah, maka owner bertindak
secara korektif mengatasi masalah tersebut.
Komentar
Posting Komentar