Fungsi POAC dalam Cafe Bukit Delight

Gak cuma surga kuliner tapi Malang itu juga pasar yang empuk buat pebisnis di bidang ini. Maklum aja sih, kota pelajar, banyak kampus ternama. Makanya gak heran, tiap ke Malang selalu ada aja tempat baru yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yang lagi hits-hitsnya di kota Malang nih, Bukit Delight. Maka dari itu owner sangat terinspirasi untuk mendirikan usaha kuliner Bukit Delight dengan sasaran para remaja atau mahasiswa yang ada di kota Malang.
Dalam membangun Bukit Delight ini maka pemilik memerlukan fungsi-fungsi manajemen yang harus dijalankan agar usaha Bukit Delight ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, diantara fungsi-fungsi tersebut yaitu :

1.      1. Strategi perencanaan / Planning : Perusahaan Bukit Delight telah meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi dengan membangun cafe atau tempat nongkrong ini dengan konsep outdoor. Hal yang ditawarkan di Bukit Delight ini adalah suasana dengan melihat pemandangan alam dan perpaduan antara kebun, pegunungan, perkampungan penduduk yang ada dibawah. Bukit Delight menggunakan banyak hiasan lampu kecil-kecil yang menyala dan menggantung untuk lebih memperindah suasana lingkungan yang ada. Bukit Delight ini didirikan di atas bukit karena suasananya yang indah dan sejuk untuk menarik para customer yang sasaran utamanya adalah para remaja atau mahasiswa karena kota Malang adalah tempat berkumpulnya para mahasiswa yang menyukai keindahan alam untuk nongkrong bersama.
2.   2.   Strategi Pengorganisasian / Organizing : Untuk mampu menjalankan bisnis ini maka perusahaan cafe Bukit Delight menggunakan struktur pembagian kegiatan yang tepat dan tangguh, sistem lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan dengan baik. para karyawan ditempatkan pada unit-unit terpisah per individu dan kemampuan masing-masing karyawan dalam menjalankan tugasnya.
3.  3.    Strategi Actuating / leading : Owner Bukit Delight telah memberikan pelatihan cara bekerja dengan baik terhadap para pekerjanya agar lebih lincah dan berkualitas dalam menjalankan tugasnya yang telah dibagi, agar image Bukit Delight terpandang baik oleh para customer. Owner Bukit Delight juga mensupport terhadap para pekerja atau karyawannya agar mereka tetap semangat dalam menjalankan tugas dan memberi pelayanan terbaiknya terhadap customer.
4.   4.   Strategi Pengendalian dan Pengawasan / Controlling : Dalam menjalankan bisnis cafe Bukit Delight ini, owner telah mengawasi para pekerjanya atau karyawannya dalam menjalankan tugasnya yang telah dibagi agar karyawan selalu aktif dalam bekerja. Dan apabila karyawan berada pada bagian-bagian proses kinerja jalur yang salah, maka owner bertindak secara korektif mengatasi masalah tersebut.

 


Komentar